Sosialisasi Perda Pelayanan Kesehatan Gratis dan Jamkesmas

Sumber: Kalimantan Post, Kamis, 27 Agustus 2009

Pelaihari, KP – Masalah kesehatan sangatlah berkaitan dengan pertumbuhan dan perekonomian masyarakat, dan hal ini menjadi salah satu tolak ukur kemajuan pembangunan suatu daerah.

Terkait dengan masalah kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tanah Laut (Tala), belum lama tadi, di aula Kantor Bappeda setempat, diadakan pertemuan serta sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang pelayanan kesehatan gratis dan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) tingkat Kabupaten Tala, yang dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ir Muhammad Fachri, mewakili bupati setempat.

Kegiatan tersebut, dihadiri Plt Kepala Dinas Kesehatan Drg Yeneke Tanudjaya M.Mrs, kepala Puskesmas se Kabupaten Tala, pengelola Jamkesmas dan pelayanan gratis di tingkat Puskesmas.

Bupati Tala, dalam sambutannya yang dibacakan Muhammad Fachri, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini menyangkut masalah kebutuhan masyarakat yang paling utama, untuk menjalankan roda perekonomian daerah. ”Bagaimana rakyat kita bisa maju, kalau mereka tidak sehat,” ujar bupati, yang menurutnya, masalah kesehatan merupakan hak rakyat yang harus ditingkatkan, dan hal ini merupakan tanggungjawab bersama, apalagi terhadap masyarakat di tingkat menengah ke bawah, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu mereka dan meminimalisir masalah kesehatan dengan pelayanan kesehatan gratis dan Jamkesnas secara terarah sampai kepada masyarakat yang memang membutuhkannya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Yeneke Tanudjaya, dalam sambutannya sebelum pembukaan acara tersebut menekankan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan realisasi dari Perda No.II tahun 2009 dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman serta pelayanan tentang kesehatan gratis dan Jamkesmas, serta dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang hal-hal yang berkaitan tentang masalah tersebut, dan siapa saja yang berhak mendapat pelayanannya.

”Dengan adanya pertemuan serta sosialisasi ini, dapat diperoleh masukan terhadap masalah yang ditemukan di lapangan, serta dapat dicarikan solusi terbaik untuk jalan keluarnya, dengan tujuan utama masyarakat dapat terlayani dengan sebaik-baiknya,” demikian Yeneke Tanudjaya. (rin/K-5)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of