Sita Aset atau Proses Hukum

Pansus Desak Bupati Tuntaskan Piutang PD AUMB

Sumber: Banjarmasin Post, Sabtu, 11 Juli 2009

Pelaihari, BPost-Panitia Khusus (Pansus) laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) DPRD Tanah Laut (Tala) mendesak bupati segera mengambil langkah kongkret, guna menuntaskan piutang dan tunggakan pajak PD Aneka Usaha Manuntung Berseri (AUMB).

“Lakukan langkah nyata yang tegas. Sita asetnya atau limpahkan kepada aparat penegak hukum, jika si pengutang mangkir. Masalah piutang itu bisa masuk ranah hukum, karena itu menyangkut uang daerah, uang rakyat,” kata Ketua Pansus LKPj H Saleh Basri, Jumat (10/7).

Persoalan piutang PD AUMB turut disoroti pansus LKPj dewan karena dalam LKPj 2008 tersebut tertera perkembangan usaha tiap perusahaan daerah, termasuk PD AUMB. Selain itu, banyak hal yang bakal dipertanyakan pansus terkait pelaksanaan pembangunan lainnya. Apalagi pansus mengantongi sejumlah temuan berdasarkan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) BPK 2009.

Saleh yang pernah dua periode menjadi anggota dewan menegaskan, kasus piutang PD AUMB tersebut adalah masalah serius. Penyelesaiannya mesti diutamakan. Apalagi total nominalnya cukup besar sekitar Rp3,4 mililar.

Jawaban tertulis bupati dalam rapat paripurna, beberapa hari lalu, yang menyatakan segera melayangkan surat penagihan kepada pengutang dinilai DPRD Tala belum memperlihatkan upaya serius.

“Itu baru akan. Kapan selesainya? Padahal itu menyangkut uang rakyat yang besar nilainya. Jika digunakan untuk membangun sarana fisk hasilnya bisa kita rasakan,” kata Saleh.

Dia beharap piutang tersebut segera dituntaskan. Dengan begitu dananya bisa digunakan untuk menopang kegiatan pembangunan dalam perubahan anggaran tahun ini.

Nota keuangan rancangan anggaran perubahan dijadwalkan disampaikan bupati 22 Juli mendatang.

Saleh berjanji segera memanggil pejabat berwenang Pemkab Tala guna mengupas persoalan piutang-termasuk tunggakan pajak sebesar Rp3,2 miliar-tersebut.

Direksi baru PD AUMB juga akan dipanggil, karena direksi baru tidak bisa lepas tangan kendati persoalan tersebut merupakan peninggalan manajemen lama.