Baru Enam Daerah Serahkan APBD

Sumber : Banjarmasin Post – Selasa, 29 Desember 2009

Banjarmasin, BPOST – Batas waktu penyerahan RAPBD 2010 ke Pemprov Kalsel kurang dari dua hari lagi. Namun, baru enam kabupaten dan kota yang menyerahkan.

Enam kabupaten dan kota yang sudah menyerahkan tersebut adalah Hulu Sungai Selatan (HSS), Batola, Kota Banjarmasin, Balangan, Tanah Laut dan Banjar. “Sisanya, enam daerah belum menyerahkan. Tapi kami optimistis waktu dua hari ini semua bisa selesai,” kata Kepala Biro Keuangan Pemprov Kalsel, Gustafa Yandi, Senin (28/12). Sebelum RAPBD ditetapkan melalui perda, gubernur akan melakukan evaluasi. Yandi mengatakan, lambatnya penyerahan APBD karena beberapa daerah masih melakukan pembahasan dengan anggota legislatif. Kecuali untuk Hulu Sungai Tengah (HST). Menurut Yandi, di DPRD HST masih terjadi polemik. Ada beberapa fraksi yang tidak mengakui alat kelengkapan dewan. Meski begitu, Yandi berharap semua daerah bisa tepat waktu menyerahkan RAPBD. Sebab, menurut dia jika terlambat bisa berpengaruh pada pengucuran dana perimbangan dari pemerintah pusat.

“Bagaimana mau dikucurkan, anggarannya saja belum jelas. Makanya dampak dari lambatnya penyerahan itu, ya lamban turunnya pengucuran dana perimbangan tersebut,” kata Yandi. Sementara itu, untuk RAPBD Tanah Bumbu menurut Yandi disetujui bersama pemerintah daerah dengan anggota DPRD pada 25 Agustus 2009. Namun rancangan anggaran tersebut, baru diserahkan ke Pemprov Kalsel 23 Desember. RAPBD itu dikembalikan untuk persetujuan ulang. Berdasarkan PP Nomor 58 tahun 2005 dan Permendagri Nomor 13 tahun 2006, RAPBD harus disampaikan ke propinsi, dievaluasi selambat-lambatnya tiga hari setelah pengesahan. (coi)