Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Banjarbaru – Setiap tahunnya, tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila, dasar negara yang mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan upacara bendera pada tanggal 1 Juni 2019 bertempat di halaman kantor perwakilan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Suherman dengan Komandan Upacara, Budisantoso.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Berkat Pancasila pula, eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat Indonesia harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, idoleogi negara, dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Bersatu membangun bangsa untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of