Sekolah Keuangan Negara Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Banjarbaru – Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat 120 orang siswa siswi dari 3 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di wilayah Kota Banjarbaru untuk tetap mengikuti kegiatan Sekolah Keuangan Negara (SKN) yang dilaksanakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan dari tahun 2019 ini merupakan salah satu wujud komitmen BPK Kalimantan Selatan dalam mengedukasi, memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya tugas, fungsi, peran dan kedudukan BPK. Kegiatan ini merupakan suatu cara untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum seperti pelajar, mahasiswa, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, pengusaha dan kelompok masyarakat lainnya terhadap BPK.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Sekolah Keuangan Negara kali ini adalah melalui daring dimana pemberian materi dilakukan via Whatsapp Group pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 dan via Aplikasi Zoom Meetings pada hari Rabu, 19 Agustus 2020.

Pada hari pertama, pembelajaran via Whatsapp Group diawali dengan melakukan pre-test tentang BPK secara umum. Setelah itu, dilanjutkan dengan perkenalan dan pemaparan tujuan & harapan kegiatan oleh moderator dan fasilitator. Selanjutnya para fasilitator membagikan beberapa video dan materi tentang BPK RI sebagai bahan pembelajaran.

Pada hari kedua, pembelajaran via aplikasi Zoom Meetings dimulai dengan suguhan beberapa film pendek tentang Profil BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Tugas dan Fungsi serta Visi dan Misi BPK RI. Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah membuka kegiatan hari kedua via Zoom sekaligus melakukan tanya jawab dengan seluruh peserta Zoom. Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Agustinus Dompak Sitakar dan Redho Berlian sebagai Narasumber dari BPK Perwakilan Kalimantan Selatan.

Setelah pemaparan materi berakhir dilakukan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman para peserta. Antusiasme peserta terlihat saat sesi tanya jawab, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang masuk yang langsung dijawab oleh para Narasumber. Kegiatan ditutup dengan pengumuman 10 Peserta Terbaik dan 2 Pemenang saat sesi tanya jawab dengan Kepala Perwakilan.