Peluncuran Website BPK dan Pemberian Penghargaan Karya Jurnalistik 2009 : ”BPK Tegakkan Pemerintahan yang Bersih dan Transparan”

Jakarta, Senin (2 Februari 2009) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia meluncurkan tampilan website BPK yang baru dan memberikan penghargaan bagi karya jurnalistik para jurnalis media cetak. Dua kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati usia BPK RI yang ke-62. Rangkaian ini telah dimulai dengan upacara dan syukuran secara sederhana, pemberian penghargaan kepada institusi pemerintah pusat dan daerah atas prestasi tata kelola keuangan negara, peluncuran buku ”BPK Menunaikan Amanat Konstitusi”, dilanjutkan dengan acara kekeluargaan, seminar dan diskusi tentang tata kelola keuangan negara yang baik, serta media workshop Reformasi Birokrasi pada Januari lalu.

Peringatan 62 tahun BPK dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan upaya bersama untuk terus mendorong terciptanya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Peluncuran tampilan website baru BPK dan penghargaan bagi karya jurnalistik menjadi bagian dalam peran BPK dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih dan transparan.

Website BPK yang baru tampil dengan layanan navigasi yang lebih mudah dan lebih lengkap untuk diakses oleh publik. Website dapat diakses pada alamat www.bpk.go.id. ”BPK telah beberapa tahun ini memiliki dan mengelola website yang digunakan untuk menyajikan semua informasi kegiatan dan hasil pemeriksaan BPK secara transparan. Diharapkan, informasi yang telah disajikan dalam website dapat diketahui masyarakat dan stakeholders secara cepat dan akurat,” ujar Wakil Ketua BPK, Abdullah Zainie.

Website edisi baru ini menyajikan berbagai data dan informasi yang lebih mudah diakses oleh berbagai pihak dan pengguna. Komentar, kritik, saran maupun pengaduan dimungkinkan oleh fitur yang ada dalam website ini. Data dan informasi yang dapat diakses antara lain struktur organisasi, Kantor Perwakilan, Kasus Aktual, Siaran Pers, Produk Hukum BPK, Pengumuman, hasil peer review, berita-berita kegiatan yang diselenggarakan oleh BPK serta capaian yang diperoleh dari berbagai kegiatan tersebut dan lain sebagainya.

Peluncuran website dilanjutkan dengan pengumuman pemenang penghargaan karya jurnalistik BPK. Lomba yang mulai diumumkan pada akhir November 2008 melalui website BPK RI ini terdiri atas dua ketagori, yaitu kategori editorial dan kategori pemberitaan. BPK RI menerima 141 karya jurnalistik dari jurnalis media cetak. Tulisan yang dilombakan adalah karya jurnalistik mengenai BPK dalam kurun waktu 1 Januari s.d. 15 Desember 2008.

Bertindak sebagai dewan juri adalah Ade Armando (Satu Comm), Farid Gaban (Yayasan Pena Indonesia/Jurnalis), dan B. Dwita Pradana (BPK RI). Setelah melalui proses penilaian, maka diputuskan pemenang penghargaan dari kategori editorial adalah: Juara I, Koran Tempo dengan judul artikel Repotnya mengaudit Mahkamah Agung (28 April 2008); Juara II, Media Indonesia dengan judul artikel Mengikis Ruang Gelap Keuangan Negara (7 Juli 2008); Juara III, Jurnal Nasional dengan judul artikel Bersama Membenahi Kualitas Laporan keuangan

Sedangkan pemenang pengghargaan dari kategori pemberitaan adalah: Juara I, Suhartono dari Harian KOMPAS (Biaya Perkara: Pangkal “Perang” BPK Vs MA). Juara II, Rahmat Wibisono dari Harian SOLO POS (Menyoroti LHP BPK 2008 (Bagian I-III)). Juara III, Nasrul Azwar dari Tabloid METRO-Bangka Belitung (Laporan Tabloid METRO Bangka Belitung Edisi XXXII/Tahun I/Minggu I/Mei 2008: Temuan BPK tentang Posisi Aset Bangka Tengah). Juara Harapan I, Jaini dari RADAR SURABAYA (BPK, Kekuatan Baru Penegakan Hukum di Indonesia). Juara Harapan II, Prayogo P. Harto dari HARIAN EKONOMI NERACA (Rehabilitasi BPK (Semoga) Bukan Basa Basi). Juara Harapan III, Deddy Rachmawan dari Jambi Independen (Suka-Duka Auditor BPK ketika Menjalankan Tugas: Sering Digerutui Pegawai Pemda Ketika Minta Data).

BIRO HUMAS DAN LUAR NEGERI
B. Dwita Pradana
Plt. Kepala Biro

Versi PDF