BPK Goes to Campus di Kalimantan Selatan

goes-to-campus-universitas-lambung-mangkuratKamis, 14 April 2011, Badan Pemeriksa Keuangan RI menyelenggarakan acara BPK Goes To Campus di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan public awareness BPK RI di kalangan akademisi dan media. Bertindak sebagai narasumber pada acara ini adalah Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa.
Goes To Campus di Unlam kali ini diikuti oleh para pengajar, mahasiswa dan wartawan  di Provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini dihadiri juga oleh Rektor Unlam, Muhammad Ruslan, Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, BPK RI Widiyatmantoro, Plt. Kepala Auditorat IVB BPK, Arief Senjaya serta para pejabat di lingkungan BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini, Anggota IV BPK RI menyampaikan materi mengenai Peran BPK RI dalam Mendorong Terwujudnya Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara. Menurut Anggota IV, BPK RI sebagai lembaga negara yang bebas dan mandiri berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 diberikan mandat untuk melakukan pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara. Untuk itu, BPK RI melakukan sinergi dengan lembaga negara lainnya untuk bersama-sama mengoptimalkan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dan penegakan hukum. Dengan sinergi tersebut, diharapkan akan berkurangnya KKN secara sistemik, mengoptimalkan penerimaan negara serta efisiensi dan efektifitas keuangan negara terwujud.
Selain BPK Goes To Campus,

Kegiatan public awareness BPK RI diisi juga dengan ekshibisi dan kunjungan ke media. Ekshibisi dilakukan dengan menyajikan serta menampilkan berbagai produk baik produk kehumasan maupun non kehumasan yang dihasilkan oleh BPK RI. Ekshibisi yang dilaksanakan bersamaan dengan berlangsungnya acara BPK Goes to Campus ini sebagai sebuah sarana memperkenalkan BPK RI secara lebih dekat kepada civitas akademisi yang ada di Unlam.

Setelah Goes To Campus di Unlam, untuk meningkatkan kerjasama yang efektif dengan media massa, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor Surat Kabar Harian Banjarmasin Post. Selain Kunjungan media, dilakukan juga wawancara khusus dengan TVRI Banjarmasin. Wawancarakhusus dengan Anggota IV BPK RI ini membicarakan mengenai tugas dan peran BPK RI secara keseluruhan serta bidangtugas Auditorat Keuangan Negara IV BPK RI.

BPK RI berharap melalui kegiatan ini para akademisi dan media dapat mengerti dan memahami tugas, fungsi dan peranan BPK RI dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan Negara, sehingga dapat bersama-sama mengawal terwujudnya pengelolaan keuangan Negara yang transparan dan akuntabel.

goes-to-campus-universitas-lambung-mangkurat3