Pelaksanaan In House Training Diklat Laboratorium Keuangan Daerah Dan Pemeriksaan Sistem Informasi

Dalam menghadapi pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2008 di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan mengadakan rangkaian In House Training Diklat Laboratorium Keuangan Daerah dan Diklat Pemeriksaan Sistem Informasi yang diikuti oleh para pejabat struktural dan auditor di lingkungan BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan.
Diklat Laboratorium Keuangan Daerah diselenggarakan selama lima hari pada tanggal 23 – 27 Maret 2009 di Aula Lantai 4 Gedung B BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan yang dibuka oleh Kepala Perwakilan Ibu Muktini, SH.. Sebagai instruktur dalam diklat tersebut adalah Kasubaud Kalsel IA Drs. Yohannes Manuputy, Kasubaud Kalsel IIA R. Aryo Seto Bomantari, SE., MM., Ak. dan dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah Wiwid Mulyadi, SE., MAcc., Ak.
Materi yang diberikan dalam diklat tersebut meliputi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Standar Akuntansi Pemerintahan, Penilaian Sistem Pengendalian Internal, Pembuatan Program Pemeriksaan, Praktik Audit dan materi lain yang berkaitan dengan Pemeriksaan LKPD.
Setelah Diklat Laboratorium Keuangan Daerah, pada tanggal 30 Maret 2009 diselenggarakan Diklat Pemeriksaan Sistem Informasi selama tiga hari hingga tanggal 1 April 2009 yang dibuka oleh Kasubaud Kalsel II A, R. Aryo Seto Bomantari, SE., MM., Ak. dengan pembicara dari Biro Teknologi Informasi Kantor Pusat BPK RI Pingky Dezar Zulkarnain, M.Sc. dan Farid Bintoro Aji, S.Kom.
Dalam diklat tersebut dipaparkan mengenai konsep Audit Teknologi Informasi dan Sistem Informasi serta pengenalan Aplikasi Simda dan Aplikasi Arbutus.
Setelah mengikuti rangkaian diklat in house training tersebut diharapkan memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi para auditor dalam melaksanakan pemeriksaan LKPD TA 2008 dan menghasilkan Laporan Hasil Pemeriksaan yang berkualitas.