Dirgahayu ke 79 Republik Indonesia, Nusantara Baru Indonesia Maju

Kepala Perwakilan, Ruben Artia Lumbantoruan, selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya membacakan pidato Ketua BPK RI pada acara Peringatan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Banjarbaru – BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024, di halaman depan kantor. Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, merefleksikan semangat bangsa Indonesia yang sedang bertransisi, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pada upacara ini Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan, Ruben Artia Lumbantoruan, bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam amanatnya Inspektur Upacara membacakan pidato Ketua BPK RI pada acara Peringatan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada pidatonya Ketua BPK menyatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan ini marilah kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara. Dimana hal ini selaras dengan hasil telaah sejawat atau  peer review untuk penguatan sistem pengendalian mutu BPK dalam rangka kontribusi nyata tersebut. Peer review yang telah dilakukan lima kali sejak tahun 2004 merupakan implementasi dari Pasal 33 UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK sekaligus elemen fundamental dalam proses bisnis pemeriksaan yang efektif dan profesional.

Secara umum, hasil telaah sejawat tahun 2024 menunjukkan bahwa BPK telah memiliki dan menyelenggarakan sistem pengendalian mutu BPK yang berstandar tinggi, khususnya pada tiga area yang ditelaah, yakni SDM, manajemen etika dan integritas, serta teknologi informasi. Namun demikian, para peer reviewer yang terdiri atas BPK atau Supreme Audit Institution (SAI) Jerman, Austria, dan Swiss memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan penguatan BPK di masa mendatang. Untuk penguatan sistem pengendalian mutu kita, maka perbaikan yang direkomendasikan tersebut perlu segera ditindaklanjuti, dimulai dengan penyusunan rencana aksi 2024-2028, termasuk mengintegrasikannya dalam rencana strategis mendatang.

Ketua BPK mengharapkan agar kolaborasi dan sinergi dengan seluruh satuan kerja yang ada di BPK dapat dioptimalkan, sehingga hasil yang sudah baik ini dapat terus ditingkatkan guna menguatkan kepercayaan pemangku kepentingan serta kredibilitas BPK, baik di tataran nasional maupun global.

Dalam capacity building, BPK telah dipercaya sebagai Ketua Organisasi BPK sedunia (atau INTOSAI) Tahun 2028-2031 serta menjadi External Auditors di berbagai lembaga internasional. Dan pada kesempatan yang baik ini, marilah kita terus berdoa dan berupaya terbaik untuk keterpilihan BPK sebagai member of the United Nations Board of Auditors (atau UN BOA) pada tahun 2025.

Selain capaian-capaian di bidang pemeriksaan dan kelembagaan, BPK juga tak lepas dari tantangan, terutama terkait penegakan nilai-nilai dasar dan kode etik. Tantangan ini tentunya harus kita hadapi dengan komitmen, sinergi, dan usaha berkelanjutan yang kuat secara bersama-sama.

Pada upacara kali ini, Kepala Perwakilan juga menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun kepada tiga orang pegawai dan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun kepada dua orang pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Seusai melaksanakan upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran yang diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

BPK Hebat untuk Nusantara Baru Indonesia Maju.

BPK Kalsel JUARA