Catatan Berita: LKPj 2019, Sektor Retribusi Parkir Tidak Maksimal

Komisi III DPRD Banjarmasin melaksanakan rapat kerja pembahasan LKPj 2019 bersama Dishub Kota Banjarmasin. Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin M. Isnaini mengatakan, pihaknya mengapresiasi realiasi target pajak parkir di 2019 yang lalu.

Namun diakuinya, untuk sektor retribusi parkir memang tidak 100 persen tercapai. “Kalau penyerapan penghasilan parkir sudah baik. Kalau retribusi parkir hanya mencapai 92,81 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin Fendie menjelaskan, penghasilan pajak parkir di tahun 2019 sudah maksimal. Namun di beberapa titik parkir potensial ujarnya, ada yang dihapus. Ini yang menyebabkan pendapatan asli daerah (PAD) Banjarmasin dari sektor parkir tidak terserap maksimal, salah satunya di Jalan A Yani Banjarmasin.

“Ya, memang di 2019 retribusi parkir yang tidak maksimal. Kalau 2020 ini kemungkinan juga tidak maksimal, apalagi dengan adanya pandemi saat ini,” ujarnya.

Titik-titik parkir potensial tidak seramai sebelum wabah Corona. Salah satunya parkiran di Duta Mall, yang menyumbang PAD hingga Rp500 juta perbulan.

Selengkapnya | Download

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of