Catatan Berita: Empat Jembatan Senilai Rp68 Miliar Lebih Dibangun Di Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru – Tanah Bumbu

Pemprov Kalsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel terus menggenjot pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Banjarbaru dan Batulicin. Saat ini badan jalan yang sudah terbentuk ternyata belum menyatu seluruhnya, karena beberapa titiknya masih dipisahkan oleh sungai. Sehingga perlu dibangun sejumlah jembatan, supaya kendaraan bisa melintas.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bina Marga, M. Yasin Toyib menjelaskan, tahun ini pembangunan jembatan menjadi fokus mereka. Saat ini terdapat empat jembatan yang masih dalam tahap pembangunan.

“Empat jembatan itu yakni, Jembatan Sungai Apuy 1, Apuy 2, Sungai Temuni, dan Sungai Kusan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp68, 243 miliar,” katanya.

Dirincikannya, khusus untuk jembatan Apuy 1 yang memiliki panjang 30 meter dan Apuy 2 sepanjang 60 meter menghabiskan dana Rp33,666 miliar. Sedangkan, Jembatan Temunih (30 meter) dan Kusan (60 meter) senilai Rp34, 577 miliar. “Keempatnya kontraknya sama-sama dimulai pada bulan Mei hingga Desember,” ujarnya.

Yasin mengurai, selain membangun jembatan panjang pihaknya juga membangun jembatan box culvert terdiri dari dua paket pekerjaan yaitu Awang Bangkal-Temunih dan Temunih-Kodeko 58. Paket Awal Bangkal-Temunih sebanyak 15 box culvert dan Temunih-Kodeko 59 sebanyak 13 box culvert.

Dikatakan Yasin, tahun ini pihaknya fokus membangun box culvert dan jembatan bentang panjang. Jika jembatan bentang panjang dan box culvert sudah terbangun seluruhnya maka ruas jalan akan tersambung.

Dia menargetkan, pembangunan jembatan dan box culvert akan selesai pada akhir 2020. Dengan begitu, jalan bebas hambatan sudah bisa digunakan.

Yasin membeberkan, jika jalan yang memiliki panjang sekitar 160 kilometer itu rampung, maka akan memangkas waktu tempuh dari Banjarbaru ke Batulicin hingga 2,5 jam.

Sumber Berita:

banjarmasin.tribunnews.com, Empat Jembatan Senilai Rp68 Miliar Lebih Dibangun di Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru – Tanah Bumbu (https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/10/15/empat-jembatan-senilai-rp-68-miliar-lebih-dibangun-di-jalan-bebas-hambatan-banjarbaru-tanahbumbu?page=2), Selasa, 15 Oktober 2019.

kalsel.prokal.co, Belum Bisa Sampai 2,5 Jam Banjarbaru-Batulicin Masih Dipisah Sungai (https://kalsel.prokal.co/read/news/27382-belum-bisa-sampai-25-jam-banjarbaru-batulicin-masih-dipisah-sungai), Kamis, 17 Oktober 2019.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of