Segera Jalani Sidang Perdana

Sumber: Banjarmasin Post – Sabtu, 5 Desember 2009

BANJARBARU, BPOST – Maskamian Andjam akan menjalani sidang perdana dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa sewa mobil fiktif di Dinas Peternakan Kalimantan Selatan, Kamis (10/12).

“Berkas dakwaan sudah siap dan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Banjarbaru. Rencananya sidang pertama tersebut digelar sekitar pukul 10.00 Wita,” ujar Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Hendry Siswanto kepada wartawan, Jumat (4/12).

Dikatakan Hendry, dalam pelaksanaan proyek yang ditangani Kepala Dinas Peternakan Kalimantan Selatan tersebut, dinilai tidak dilaksanakan sepenuhnya, namun uangnya dicairkan 100 persen. “Uang yang dicairkan tersebut sebesar Rp 190.620.000,” jelasnya.

Sebelumnya, Kajari Banjarbaru, Said Muhammad mengatakan, Maskamian telah diperiksa dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan barang dan jasa sewa mobil untuk mobilisasi darat dan penyaluran sapi Brachman Cross yang dinilai merugikan negara senilai Rp 190.600.000 itu.

Maskamian Andjam sendiri mengaku tidak habis pikir mengapa bantuan sapi dari pemerintah pusat pada 2001, 2002 dan 2003 diduga janggal.

Padahal, persoalan itu telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Inspektorat Kalsel. Hasilnya, tidak ada pelanggaran yang terjadi. “Saya akan memberikan hadiah kepada siapa saja yang dapat membuktikan bawa saya pernah mengambil uang rakyat, termasuk bantuan sapi itu,” katanya waktu itu.

Soalnya, untuk menunjang bantuan tersebut, dia mengaku malah merogoh uang dari kantongnya sendiri lantaran masih ada kekurangan biaya pengiriman. “Bagaimana mungkin saya mengorupsinya,” ujarnya.

Tuduhan tersebut, lanjutnya, juga menyakiti anak buahnya di Dinas Peternakan. Akibatnya, semangat kerja mereka menjadi terganggu.

Dikatakan, anak buahnya sudah mengetahui track record-nya. Bahkan, dia selalu mewanti-wanti anak buahnya agar tidak memberikan uang yang bukan haknya. “Saya bekerja untuk mengabdi pada daerah ini, tapi malah diperlakukan seperti ini. Saya siap dipecat jika kinerja saya tidak baik,” katanya.

Menurutnya, semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya itu, hanya fitnah untuk menjatuhkannya. “Mereka hanya mencari-cari kesalahan saya,” imbuhnya.

Terkait kesiapan Maskamian menghadapi sidang, sore kemarin, ponsel Maskamian tidak bisa dihubungi. (jj/ire)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of